Selasa, 01 Juli 2014

Including JSP file/page dengan Spring MVC

Saya sering menulis tentang topik-topik sederhana. Topik ini biasa saya dapatkan ketika saya sedang menulis kode program. Walaupun saya sudah lama mengetahui kode/metode/snippet yang saya tulis, baru sebulan belakangan saya aktif menulis di blog karena saya setiap hari beraktivitas pada dunia open source dan saya rasa ingin berbagi dengan komunitas.

Saya juga jarang membahas topik dengan tulisan yang panjang karena saya 'rajin koding' (sibuk) dan cenderung kurang suka menulis karangan indah.

Yap... intronya sudah selesai. Sore ini saya akan membahas tentang include file pada file JSP Spring MVC. Mm... atau mungkin pada framework java web lainnya. 

Sebenarnya inti post nya tidaklah rumit dan panjang. Ini hanya mengingatkan teman-teman dan saya yang sedang bermain-main dengan JSP bahwa ada metode yang sangat gampang untuk memasukkan sebuah file kedalam file lainnya. Kasus ini mungkin diperlukan untuk membuat reusable code, seperti membuat header, menu dan lain-lain.

Berikut adalah 2 cara include file pada JSP;

(1) Include file static. 
<%@ include file="../header.jsp" %>

Perlu diingat bahwa penggunaan path yang digunakan harus benar. Cara ini tidak diperkenankan menambahkan parameter kedalamnya, seperti;
<%@ include file="../header.jsp?id=1" %> <!-- SALAH! -->


(2) Include page.
<jsp:include page="/header?id=1" />

Catatan: pada cara ke 2 ini, jika menggunakan eclipse akan muncul pesan error. Abaikan saja pesan tersebut karena tidak akan berpengaruh apa-apa terhadap aplikasi.
Cara kedua lebih asik digunakan karena kita bisa menambahkan parameter sehingga 'lebih reusable lagi'.