Sabtu, 02 Agustus 2014

Mengganti proxy untuk mengetahui domain sudah berjalan dengan baik/belum ketika memindahkan server

Tujuan mengganti proxy bisa bermacam-macam. Tujuan jelek biasanya digunakan untuk menyamarkan identitas ketika melakukan serangan ke 'sistem lawan'. Tujuan baiknya salah satunya adalah seperti pada artikel ini, yaitu untuk mengetahui domain sudah berjalan dengan baik atau belum.

Pada saat kita beli sebuah domain atau memindahkan domain kita dari satu server ke server lain, biasanya kita butuh menunggu beberapa jam, satu hari atau bahkan satu minggu untuk melihat domain kita sudah aktif atau belum. Jika Anda mengetahui metode ini, Anda tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk melihat apakah domain Anda sudah berjalan baik atau belum.

Tentu saja metode ini mempunyai kekurangan karena sebenarnya domain Anda belum dikenali (resolve)  oleh 'server-server di dunia' ini sehingga ketika Anda tidak menggunakan proxy untuk melihatnya, Anda tidak akan mendapatkan apa-apa, atau bahkan Anda bisa melihatnya tetapi masih terhubung pada server yang sebelumnya.

Disini saya akan menggunakan Ubuntu 12.04. Bagi Anda pengguna Windows atau Mac, cukup cari padanannya pada OS Anda.

Berikut adalah cara mengganti proxy untuk tujuan baik tersebut :D ;

1. Catat IP address server baru Anda

2. Buka Network Setting.




3. Berpindah pada menu Network Proxy, pilih method Manual dan masukkan IP address server Anda yang baru.

4. Silahkan buka browser favorit Anda. Dan Anda sudah bisa mengakses website Anda sekarang kalau konfigurasinya sudah benar.
Pada point ini, artinya Anda mengakses server/domain Anda seperti Anda mengakses pada jaringan lokal. Jadi ketika Anda mengganti lagi proxy dengan automatic, belum tentu Anda dapat melihat domain Anda berjalan karena kemungkinan belum resolve.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih nyata tentunya Anda tidak megaksesnya lewat proxy, tunggulah domain Anda resolve dalam beberapa jam atau paling lambat seminggu. Jika seminggu tidak ada perubahan, kemungkinan permasalahan pada saat resolve.